Friday, May 15, 2020

Rasulullah menafsirkan mimpi Abdullah bin salam

_*Rasulullah Menafsirkan Mimpi Abdullah Bin Salam*_

*KISAH SAHABAT NABI*
_By Erna Iriani On Mei 24, 2018_

Betapa resah benak dan hati ‘Abdullah bin Salam pagi itu. Sahabat yang berpenampilan senantiasa rapi dan berucap senantiasa ramah dan santun ini adalah seorang mantan rabi Yahudi dari kalangan Bani Qainuqa’ Madinah. Sahabat yang sebelum memeluk Islam bernama Hushain bin Salam inilah yang persaksiannya atas kebenaran risalah yang dibawa Rasulullah ﷺ.

Selepas Rasulullah ﷺ berpulang ke hadirat Allah ﷻ, sahabat yang memeluk Islam tak lama selepas beliau berhijrah ke Madinah itu termasuk yang menyaksikan jatuhnya Baitul Maqdis ke pelukan pasukan kaum Muslim pada 15 H/636 M, pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab. Kemudian, ketika menjelang ‘Utsman bin ‘Affan tewas pada Jumat, 18 Dzulhijjah 35 H/17 Juni 655 M, dia termasuk para sahabat yang senantiasa mengimbau kaum Muslim agar tidak mudah melakukan tindak kekerasan. Ini dengan alasan, sekali senjata telah terhunus akan sulit untuk disarungkan kembali. Dan, dia termasuk orang-orang yang bersikap netral ketika terjadi perselisihan antara ‘Ali bin Abu Thalib dan Mu’awiyah bin Abu Sufyan. Sikapnya yang netral tersebut tetap dia pertahankan hingga dia berpulang ke hadirat Allah ﷻ di Madinah pada 43 H/663 M.

Mimpi aneh yang dialami ‘Abdullah bin Salam pada saat menjelang pagi itulah yang membuatnya resah dan gelisah. Dalam mimpi tersebut, dia melihat dirinya didatangi seorang pria yang kemudian yang memerintahkannya agar pergi bersama pria itu. Karena pria itu kemudian memegang tangannya, dia pun tanpa banyak bertanya dan berpikir segera menapakkan kedua kakinya mengikuti langkah-langkah pria itu. Kemudian, ketika di tengah jalan, dia melihat sebuah jalan membentang di sebelah kirinya. Melihat jalan tersebut, entah mengapa dia ingin sekali melintasinya. Tapi, pria itu ternyata dapat membaca pikirannya, karena pria itu tiba-tiba berucap kepadanya, “Engkau jangan melintasi jalan itu. Sebab, itu adalah jalan orang-orang yang sesat.”

Mereka berdua kemudian meneruskan langkah-langkah mereka. Tidak lama kemudian, dalam mimpi itu, ‘Abdullah bin Salam melihat sebuah jalan membentang di sebelah kanannya. Tiba-tiba tanpa ditanya pria itu berucap kepadanya, “Lintasilah jalan itu.”

Selepas itu, pria itu mengajaknya menuju ke sebuah gunung dan memintanya untuk mendaki gunung itu. Tapi, kegagalan demi kegagalanlah yang terjadi, dia tidak pernah berhasil mendaki gunung itu dan akhirnya dia malah jatuh terduduk. Lalu, pria itu mengajaknya meneruskan perjalanan, hingga akhirnya mereka berdua sampai di sebuah tiang yang ujungnya di langit dan pangkalnya di bumi, sedangkan di pangkalnya terdapat lingkaran. Pria itu kemudian memerintahkannya untuk naik ke tiang itu. Jawab ‘Abdullah bin Salam dalam mimpi tersebut, “Wahai saudaraku! Bagaimana aku bisa sampai ke atas tiang itu, sedangkan ujungnya ada di langit?”

Tiba-tiba pria itu memegang tangan ‘Abdullah bin Salam dan melemparkannya. Tiba-tiba dia mendapatkan dirinya bergantung di lingkaran yang terdapat di ujung tiang itu. Selepas itu, dia memukul tiang itu sehingga roboh. Tapi, ternyata dirinya masih tetap bergantung di lingkaran itu hingga terjaga.

Merasa tidak mampu menafsirkan mimpi yang menyedot seluruh pikirannya tersebut, akhirnya ‘Abdullah bin Salam pun datang kepada Rasulullah ﷺ di Masjid Nabawi, dengan maksud untuk menuturkan mimpi itu. Selepas mengucapkan salam dan berbagi sapa sejenak kepada Rasulullah ﷺ dan para sahabat yang hadir di masjid, dia kemudian menuturkan mimpinya tersebut kepada beliau. Mendengar penuturannya tentang mimpi itu, beliau kemudian berucap kepadanya, “Wahai sahabatku! Sejatinya jalan di sebelah kirimu yang engkau lihat dalam mimpimu itu adalah jalan orang-orang yang sesat. Sedangkan jalan yang engkau lihat di sebelah kananmu adalah jalan orang-orang yang lurus dan gunung yang tidak dapat engkau daki adalah rumah para syuhada. Sayang, gunung itu tidak dapat engkau daki. Dan tiang yang engkau lihat adalah Islam, sedangkan lingkaran yang engkau pegangi adalah Islam yang senantiasa akan engkau pegang teguh hingga engkau berpulang ke hadirat Allah.”

Betapa gembira ‘Abdullah bin Salam menerima penjelasan Rasulullah ﷺ demikian. Dan, dia pun semakin mencintai Allah ﷻ dan Rasul-Nya.

_*Sumber: Mutiara Akhlak Rasulullah S.A.W.: 100 Kisah Teladan tentang Iman, Takwa, Sabar, Syukur, Ridha, Tawakal, Ikhlas, Jujur, Doa, dan Tobat/ Penulis: Ahmad Rofi Usmani/ Penerbit: Mizan, 2006*_

Kisah Husayn bin salam episode 2

_*Kisah Husayn (Abdullah) Bin Salam Episode 02*_

_Setelah Abdullah bin Salam & keluarganya  masuk Islam, Maka kaum Yahudi mencoba menekan Abdullah bin Salam dengan cara memboikot & mengasingkannya dari kaumnya._

_*Saat bibinya yang bernama Khalidah binti Harits berbelanja ke pasar untuk mendapatkan susu, Namun Ia tidak mendapatkan barang yang dicari walaupun bibinya menawar dengan harga yang tinggi sekalipun.*_

_*Begitu juga Yusuf putranya mencari gandum untuk keperluan membuat roti untuk keperluan keseharian mereka, Namun Yusuf pun tidak mendapatkan barang yang dicarinya.*_

_Abdullah bin Salam menyuruh Yusuf putranya pergi & membeli roti pada kaum muslimin saja. seraya menenangkan suasana, Sambil mengatakan bahwa Ia sedang berpuasa._

_Abdullah bin Salam berpesan kepada keluarganya agar mencari alternatif untuk membuat roti selain dari tepung gandum._

_*Syam'un, Barsum & pembesar kaum Yahudi sedang mengamati upaya mereka dalam memboikot keluarga Abdullah bin Salam. Usaha mereka belum menunjukkan hasil, Karena Abdullah bin Salam sudah cukup mengkonsumsi kurma dari kebunnya sendiri.*_

_*Rimah (Anak Sham'un) tiba-tiba datang & menyela pembicaraan mereka. Rimah memberikan kabar bahwa keluarga Abdullah bin Salam sedang berupaya menjual hasil kebun kurmanya untuk ditukar dengan kebutuhan pokok lainnya.*_

_*Setelah mengetahui hal tersebut kaum Yahudi sepakat akan memboikot untuk tidak membeli kurmanya, Kaum Yahudi berharap Abdullah bin Salam kesusahan & meninggalkan Islam.*_

_Saat Abdullah bin Salam lagi sholat dikebun, Ia didatangi putranya Yusuf. putranya mengabarkan kalau kurma mereka akan semakin rusak jika tidak segera dijual._

_*Abdullah bin Salam menyarankan putranya agar menjual kurma-kurma mereka dengan harga yang murah*_

_Yusuf menyahut, "Bahwa Ia telah menjual kurma mereka dengan harga sangat murah, Akan tetapi tidak ada satupun yang membeli."_

_Abdullah bin Salam sampai heran dengan kebencian kaum Yahudi kepada keluarganya. Lalu Abdullah bin Salam memerintahkan putranya, Supaya kurma mereka dibawa ke pasar Madinah & dijual kepada kaum muslimin disana._

_*Yusuf lalu berkata bahwa perjalanan ke pasar Madinah selain jauh juga sukar ditempuh.*_

_Abdullah bin Salam berkata kepada putranya agar menyewa tunggangan (Unta,kuda)._

_*Yusuf menimpali perkataan ayahnya, Bahwa Ia telah melakukannya, Akan tetapi para penyewa tunggangan (Saat itu jasa sewa tunggangan di monopoli kaum Yahudi) tidak ada yang mau bertransaksi dengan Yusuf.*_

_Setelah memeluk Islam kegiatan Abdullah bin Salam lebih banyak mempelajari Islam yang jiwanya haus akan pengetahuan.Ia dengan penuh semangat mencurahkan perhatian pada Alquran dan menghabiskan banyak waktu untuk membaca dan mempelajari ayat-ayat yang indah dan agung._

_Khalidah binti Harits menghampirinya Abdullah bin Salam, Bibinya mengatakan bahwa Yusuf sudah besar & saatnya menikah & Ia sudah punya calon buat Yusuf, Yaitu Rimah putri Sham'un._

_Sebetulnya Abdullah bin Salam kurang berkenan dengan pilihan bibinya, Akan tetapi bibinya berhasil meyakinkannya bahwa dalam Islam tidak dilarang untuk menikahi ahli kitab.Disamping itu Khalidah binti Harits berharap dengan hubungan pernikahan putra & putri mereka akan melunakkan hati Sham'un yang membenci keluarga Abdullah bin Salam karena telah masuk Islam._

_*Hingga pada suatu hari Abdullah bin Salam didampingi bibinya Khalidah binti Harits berkunjung ke rumah Sham'un guna melamar putrinya.*_

_*Sesampainya di rumah tersebut, ternyata juga ada Barsum selain tuan rumah Sham'un dengan sambutan kurang menyenangkan. Barsum & Sham'un langsung menolak dengan tegas setelah mengetahui kedatangan Abdullah bin Salam untuk melamar putrinya Rimah untuk dinikahkan dengan Yusuf. Walaupun Rimah tersanjung atas lamaran tersebut mengingat kedudukan Abdullah bin Salam mulia & terhormat, Selain itu Rimah juga menyukai Yusuf karena kebaikan budi pekertinya serta  ketampanannya.*_

_*Bahkan dengan nada mengejek didepan Abdullah bin Salam, Sham'un sudah menjodohkan Rimah dengan Zunful anak dari Suhyun (Seorang pedagang keledai). Padahal saat itu pekerjaan tersebut dianggap kurang bermartabat. Setelah itu Abdullah bin Salam & bibinya Khalidah binti Harits diusir dari rumah tersebut oleh Barsum & Sham'un.*_

_Sesampainya di rumah Abdullah bin Salam menghibur putranya Yusuf karena penolakan keluarga Sham'un. Yusuf cukup berbesar hati dengan keadaan & perlakuan keluarga Sham'un kepada keluarganya._

_Pada suatu malam ketika Rasulullah SAW masih hidup, saya bermimpi. Seorang laki-laki datang menemuiku seraya menyuruhku bangun dan mengajakku pergi. Tiba-tiba saya melihat sebuah jalan di sebelah kiri. Saya bertanya,_ 
_*“jalan kemanakah ini?”*_ 

_“Jangan turuti jalan itu, itu bukan jalanmu,” jawab orang itu._ 

_Tiba-tiba saya melihat jalan yang terang benderang di sebelah kananku. “Lewatilah jalan itu!” ujar orang tersebut._ 

_Saya mengikuti jalan yang terang itu hingga tiba di sebuah taman yang subur, luas dan penuh dengan pohon-pohon hijau dan indah. Di tengah-tengah taman terdapat sebuah tiang besi. Pangkalnya tertancap di tanah dan ujungnya sampai ke langit. Di puncaknya terdapat aula berlapis emas. Orang itu berkata, “Panjatlah tiang itu!”_ 

_*“Aku tidak bisa,” jawabku.*_ 

_Tiba-tiba datang seseorang membantuku. Lalu dia menaikkan tubuhku sampai ke puncak tiang. Aku tinggal di sana sampai pagi dengan perasaan yang sangat bahagia._

_Setelah hari pagi, kudatangi Rasulullah dan kuceritakan kepada beliau perihal mimpiku. Beliau bersabda,_ 
_*“Jalan yang engkau lihat di sebelah kiri adalah jalan ke neraka. Jalan yang engkau lalui di sebelah kanan adalah jalan penduduk surga. Taman yang dirindukan itu adalah Islam. Adapun tiang yang terpancang di tengah taman itu adalah tiang agama. Adapun aula itu adalah pegangan yang kokoh dan kuat. Engkau senantiasa berpegangan dengannya sampai mati.”*_

_Saat pagi tiba Yusuf membangunkan ayahnya karena kedatangan utusan Rasulullah SAW, Sang utusan membawa kabar gembira yang memberitahukan dengan turunnya Ayat Al Quran mengenai Abdullah bin Salam._

_Betapa bahagianya Abdullah bin Salam atas kemuliaan tersebut, Disaat Ia diboikot serta dimusuhi tetangga & kaumnya, Abdullah bin Salam mendapat kabar gembira dari Rasulullah SAW._

_*Surat Al-Ma'idah Ayat 55*_

إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُونَ

_Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah)._

_*Surat Al-Baqarah Ayat 208*_

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

_Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu._


_*@@@@@ T A M A T @@@@@*_

Penfkhianatan dalam peristiwa Ar raji

_*Pengkhianatan dalam Peristiwa Ar-Raji*_


ChanelMuslim.com - Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu siap mengirim para sahabatnya untuk mengajarkan Islam kepada setiap suku yang memerlukan. Karena itu dengan prasangka baik beliau memenuhi permintaan Bani hudzail. Saat itu utusan Hudhail berkata, "Muhammad di kalangan kami ada beberapa orang Islam kirimkanlah beberapa orang sahabat Tuan bersama kami yang kelak akan dapat mengajarkan hukum Islam dan Alquran kepada kami.

Enam orang sahabat besar diutus dan pergi bersama rombongan penjemput dari hudzail. Penghianatan terjadi ketika mereka sampai di pangkalan air Ar-Rozi milik Bani hudzail. Enam orang sahabat itu dikepung, begitu sadar bahwa mereka masuk dalam perangkap. Keenam dai itu mencabut pedang. Hanya senjata itu yang mereka bawa namun di wajah mereka tidak terlihat terasa gentar sedikitpun.

Orang-orang Hudhail berkata, "Demi Tuhan, kami tidak ingin membunuh kalian. Kalian akan kami jual kepada penduduk Mekah sebagai tawanan. Kami berjanji Atas nama Tuhan kami bahwa kami tidak bermaksud membunuh kalian, karena itu menyerahlah.

Keenam sahabat itu saling berpandangan mereka menyadari bahwa apabila mereka dibawa ke Mekah sebagai tawanan, mereka pasti akan disiksa habis dan dibunuh. Itu berarti penghianatan besar yang lebih berat daripada pembunuhan biasa. Setelah saling sepakat dalam hati, salah seorang sahabat menjawab, "Kami tidak akan menyerah lakukan apa yang kalian mau kami sudah siap bertarung membela kehormatan agama dan nabi kami."

Maka orang-orang Hudzail yang jauh lebih banyak jumlahnya itupun menyerang. Keenam sahabat itu bertarung dengan gigih, pedang mereka ayunkan tangkas untuk menebas hujan panah atau menangkis tusukan tombak. Pertarungan tidak seimbang itu pun berakhir, tiga orang syahid 3 orang lagi berhasil ditangkap hidup-hidup. Mereka yang ditangkap itu adalah Abdullah Bin Thariq, Zaid bin Adatsinah, dan Khubaib bin Adiy. Kemudian mereka segera dibelenggu dengan kuat dan dibawa ke Mekah.

Namun di tengah jalan Abdullah Bin Thariq berhasil melepaskan diri dari pengikat.

_"Harus ada yang memberitahu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tentang penghianatan ini!"_ demikian pikir Abdullah.

"Aku harus berusaha meloloskan diri sekarang, namun jika gagal aku sudah siap menyusul ketiga temanku yang lain ke akhirat.

Abdullah Bin Thariq menyerang seorang pengawal dan berhasil merebut pedangnya. Dengan pedang itu ia berusaha merebut seekor kuda, namun orang orang Hudhail segera pulih dari rasa terkejutnya. Mereka mengambil batu dan melempari Abdullah dari belakang. Batu batu sebesar kepalan tangan menghantam tubuh dan kepala sahabat mulia itu.

Abdullah jatuh bersimbah darah yang gugur dalam keadaan yang sangat diimpikan setiap muslim. Syahid membela agama.

Kedua tawanan yang lain terus dibawa ke Mekah dan dijual. Said bin addatsinah dijual kepada Safwan Bin Umayyah.

_"Aku akan membunuhnya sebagai balasan terbunuhnya ayahku di tangan mereka,"_ geram Safwan dengan mata menyala-nyala.

Ayah Safwan, Umayyah bin khalaf dibunuh Bilal bin Rabah dalam Perang Badar.

_"Nastas,"_ panggil Sofwan keras keras.

Seorang Budak berbadan tegap datang.

_"Siksa dan bunuh orang ini,"_ perintah Sofwan kepada Nastas.

_"Bawa dia ke tempat di mana semua orang bisa melihatnya!"_ ujar Shafwan.

Zaid pun di seret seret melalui jalan-jalan Mekkah. Sebagian orang menyoraki dan mencemoohnya. Sebagian lain menaruh kagum, dalam hati melihat ketabahan Zaid. Tak terlihat sedikitpun rasa takut di wajan Zaid. Di tengah siksaan itu, Zaid tetap tampak berwibawa dan teguh seperti Bukit Cadas.

Di tempat Zaid akan dibunuh, Abu Sufyan datang mendekat.
_"Zaid, orang segagah engkau tidak pantas mati begini,"_ ujar Abu Sufyan.

_"Bersediakah engkau memberikan tempatmu itu pada Muhammad? dialah yang harus dipenggal lehernya, sedang kau dapat kembali kepada keluargamu!"_

Zaid menatap Abu Sufyan seakan heran dengan pertanyaan itu.

_"Tidak,"_ jawab Said.

_"Seandainya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di tempatnya sekarang ini akan menderita karena tertusuk duri sekalipun, sedang aku ada di tempat keluargaku, aku tidak akan rela!"_

Abu Sufyan terpana sambil menggeleng kagum. Ia berkata, _"Belum pernah aku melihat seorang begitu mencintai sahabatnya sedemikian rupa seperti sahabat-sahabat Muhammad mencintai Muhammad."_

Zaid pun dipenggal. Ia gugur sebagai syahid yang memegang teguh amanat Rasulullah.

Diriwayatkan oleh Tabrani dari Ibnu Abbas Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda sekuat kuat ikatan iman adalah persaudaraan karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala cinta karena Allah subhanahu wa ta'ala dan membenci karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

_*Sumber: Sirah Nabawiyah Syaikh Syaifurrahman Al-Mubarakfurry*_

Kisah martsad bin martsad

_*Kisah Martsad bin Martsad Episode 03 (Akhir).*_

_Akhir kisah Martsad ini adalah perjalanan bersama kedua sahabatnya yaitu Khalid & Asim bin Tsabit._

_Kisah ini berawal sebelum peperangan Badar, Baginda Rasulullah SAW berdiskusi dengan para sahabat (Tentang strategi & cara terbaik menyusun rencana berperang). Dari beberapa pendapat para sahabat, Pendapat Asim bin Tsabit yang mendapat pujian & strateginya terpilih sebagai tata cara berperang yang baik._

_*Di lain tempat Anaq berpapasan dengan Sarah yang berjalan menuju rumah Sulafah binti Saad yang sedang meratapi kematian ketiga anaknya (Musafi', Kilab, Julas) serta suaminya Talhah. Mereka tewas dalam peperangan di bukit Uhud. Sarah berharap mendapatkan sedikit harta dengan ikut meratapi kematian sang tuan rumah.*_

_*Sulafah binti Saad bersumpah akan memberikan seluruh hartanya bagi siapa saja yang bisa mendatangkan kepala Asim bin Tsabit dihadapannya, Begitu dendamnya Sulafah binti Saad sampai-sampai ia akan meminum arak dengan kepala Asim bin Tsabit sebagai gelasnya.*_

_*Anaq menanyakan kepada Sulafah binti Saad apakah hanya Asim bin Tsabit saja yang terlibat dalam tewasnya anak & suaminya.*_

_*Sulafah binti Saad telah memastikan bahwa Asim bin Tsabit lah yang menjadi aktor yang menyebabkan anak & suaminya tewas terbunuh. Karena saat salah satu anaknya (Julas) meregang nyawa, Julas sempat menyebutkan Asim bin Tsabit yang menyebabkan semuanya.*_

_Saat Martsad, Asim & para sahabat Rasulullah SAW sedang bercengkrama, Tiba-tiba Bilal bin Rabah datang dengan membawa berita bahwa ada wakil dari 2 kabilah Adhal & kabilah Qarah, Kedatangan 2 wakil tersebut meminta kepada Baginda Rasulullah SAW untuk mengirimkan para sahabat Nya guna mengajarkan kepada mereka tentang Islam & Akhlak mulia. Maka Baginda Rasulullah SAW mengutus 6 orang sahabat, Diantaranya Khalid, Martsad begitu juga dengan Asim bin Tsabit yang mendapatkan tugas tambahan sebagai pimpinan rombongan tersebut. Awalnya Asim bin Tsabit sempat ragu akan tugas tersebut namun dengan lapang dada akhirnya Asim bin Tsabit mau menerima tugas tersebut._

_Saat Asim bin Tsabit & para sahabatnya sampai dikawasan yang bernama  Ar Raji', Tiba-tiba mereka dihujani anak panah oleh kaum kafir Quraisy & beberapa kabilah yang berkhianat. Mereka berhasil mengepung & mengurung rombongan Asim, Kecil kemungkinan rombongan Asim bin Tsabit bisa meloloskan diri. Para pengepung menawarkan kepada Asim agar menyerah &  akan diberikan jaminan keamanan. Rombongan Asim bersilang pendapat mengenai tawaran tersebut. Akan tetapi bagi Asim bin Tsabit tidak ada kompromi (berunding) dengan kaum Musyrikin. Asim bin Tsabit memilih mengangkat senjata sampai menang atau mati syahid. Sedangkan sahabat lainnya memilih berunding & bernegosiasi dengan kabilah Hudzail._ 

_Maka pecahlah pertempuran tidak seimbang antara antara Martsad, Khalid & Asim dengan peralatan seadanya melawan gabungan kaum kafir Quraisy & beberapa kabilah yang berkhianat kepada Rasulullah SAW. Pada suatu kesempatan Asim bin Tsabit terkena anak panah tepat di dadanya hingga Ia Syahid, Begitu juga dengan Martsad & Khalid juga terluka parah karena pertempuran tidak seimbang baik dari segi  jumlah maupun peralatannya._

_*Sarah berlari tergopoh-gopoh menuju rumah Sulafah binti Saad demi memberi kabar akan kematian Asim bin Tsabit. Sulafah binti Saad tetap menginginkan kepala Asim bin Tsabit. Sarah pun menawarkan jasanya dengan mengupah beberapa orang untuk membawakan kepala Asim Tsabit kepada Sulafah binti Saad dengan imbalan uang & hadiah besar.*_ 

_Saat Martsad & Khalid bersembunyi, Martsad memperhatikan jenazah  Asim bin Tsabit tergeletak begitu saja, Martsad bermaksud menyelamatkan sang Syuhada. Tapi Khalid melarangnya karena mereka sedang terluka parah & Khalid sempat  mendengar doa Asim bin Tsabit saat ruhnya akan terlepas dari raganya, Ia berdoa kepada Allah SWT agar orang-orang Kafir tidak bisa menyentuh jasadnya._

_Benar saja tak lama kemudian terdengar derap langkah kaki kuda mendekat, Pasukan kuda tersebut orang-orang suruhan Sarah untuk mengambil jasad sang syuhada Asim bin Tsabit, Namun Allah SWT telah mendengar & mengabulkan permintaan Asim tersebut, Hingga Allah SWT mengirimkan salah satu balatentara Nya berupa Lebah yang sangat banyak. Lebah tersebut tiba-tiba datang & menyelimuti jasad sang Syuhada serta menyerang para penunggang kuda suruhan Sarah, Hingga akhirnya mereka lari tunggang-langgang serta mengurungkan niatnya membawa jasad Asim bin Tsabit._

_*Tentu saja Sulafah binti Saad murka & marah besar kepada Sarah karena kegagalannya membawa kepala Asim bin Tsabit ke hadapannya.*_

_Sarah tak menyerah untuk membawa jasad Asim bin Tsabit kehadapan Sulafah binti Saad demi mendapatkan uang & harta yang melimpah yang dijanjikan oleh Sulafah binti Saad kepadanya. Ketika siang berganti malam Sarah kembali menyuruh orang-orang bayarannya agar kembali mengambil jasad Asim bin Tsabit, Sarah berharap lebah-lebah itu sudah pergi seiring datangnya malam._

_*Martsad kembali mengkhawatirkan jasad Asim bin Tsabit tergeletak begitu saja dilain pihak Ia & Khalid terluka parah hingga tak bisa berbuat banyak, Tapi Khalid menguatkan Martsad bahwa Allah SWT telah menjaganya.*_

_Benar saja tak lama berselang terdengar kembali derap langkah kuda mendekat yang  bermaksud membawa jasad sang Syuhada, Sungguh Allah Azza Wa Jalla telah telah mendengar doa Asim bin Tsabit, Tiba-tiba petir menggelegar bersahut-sahutan di iringi hujan sangat deras yang menghalangi pergerakan penunggang kuda tersebut. Hujan yang menajubkan & sangat jarang terjadi yang menyebabkan banjir, Banjir tersebut membawa serta menyelamatkan sang syahid dari kejahatan Sulafah binti Saad & orang-orang kafir Quraisy yang akan berbuat tak sepantasnya (Mereka akan merusak & mengolok-olok jasad Asim bin Tsabit)._


_*@@@@@ T A M A T @@@@@*_

Wednesday, May 13, 2020

Eboom gratis

🍀🍀☘️🌎🌎🌎🍀🍀☘️🏵️💾🎁📑📕📕📕

Sedot gratis ebook

Yuk unduh buku digital dari Follback Dakwah dan lainnya pada tautan di bawah ini, semoga mencerahkan dan menambah tsaqofah islam kita selama pandemi/ WFH

📖 PSEUDO-IDEOLOGI PANCASILA

http://bit.ly/pseudo_pancasila

📖 KEPEMIMPINAN ISLAM, SOLUSI UNTUK INDONESIA (Kritik atas Kepemimpinan Sekulerisme dan Fir'aunisme)

http://bit.ly/islam_solusi

📖 REKONSTRUKSI KHILAFAH DAN MASA DEPAN CERAH PERADABAN ISLAM (Mengenang Keruntuhan Khilafah 3 Maret 1924)

http://bit.ly/rekonstruksi_khilafah

📖 MENDUDUKKAN SEJARAH KEKHILAFAHAN ISLAM

http://bit.ly/mendudukkan_sejarah

📖 SURAT DARI SERAMBI MEKAH MEMBUAT KHALIFAH MARAH (10 Kisah Sejarah yang Tak Ada di Buku

http://bit.ly/surat_serambi_mekah

📖 MEKANISME PENGANGKATAN KHALIFAH: ANTARA IMAM AN-NAWAWI DAN AL-QADHI AN-NABHANI

http://bit.ly/pengangkatan_khalifah

📖 KHILAFAH: KEWAJIBAN DAN KEBUTUHAN

http://bit.ly/khilafah_kewajiban

📖 PENEBAR HIDAYAH DI LERENG SEMERU (10 Kisah Menggugah Para Pejuang Khilafah)

http://bit.ly/penebar_hidayah

📖 SEPERTI BERDAKWAH DI KANDANG SINGA

http://bit.ly/berdakwah_di_kandangsinga

📖 CARA KHILAFAH MENGATASI KRISIS EKONOMI

http://bit.ly/khilafah_atasi_krisis

📖 JIHAD DAN KHILAFAH: SOLUSI TUNTAS MASALAH PALESTINA

http://bit.ly/solusi_palestina

📖 NARASI ABSURD SANG PEMBENCI KHILAFAH (Tanggapan atas Tulisan “Khilafah Bukan Solusi” Nadirsyah Hosen)

http://bit.ly/pembenci_khilafah

📖 MENDUDUKKAN POLEMIK KHALIFAH DAN KHILAFAH DALAM AL-QUR'AN 

http://bit.ly/polemik_khalifah_khilafah

📖 MENINJAU ULANG KEPOPULERAN PERJUANGAN KHILAFAH : MASA LALU, HARI INI UNTUK MASA DEPAN

http://bit.ly/KLIkurvakhilafah

📖 GEJALA PKI BANGKIT LAGI, BERMUNCULAN PASCA REFORMASI (10 Kisah Ngeri Kebiadaban Kaum Kiri di NKRI)

http://bit.ly/pki_bangkit_lagi_rev

📖 PENYERU KHILAFAH DARI JANTUNG PERADABAN BARAT (10 KISAH MENGGUGAH PARA PEJUANG KHILAFAH DI INGGRIS)

http://bit.ly/penyeru_khilafah

📖 “DISERTASI SAMPAH” DAN BAHAYA LOGIKA MANTIK DALAM PENGAMBILAN HUKUM

http://bit.ly/disertasi_sampah

📖 DEMOKRASI ATAU KLEPTOKRASI?

http://bit.ly/demokrasi_kleptokrasi

📖 BAGAIMANA HIDUP DAN BERJUANG DI INDONESIA 

https://dnuxminds.files.wordpress.com/2010/03/bagaimana-hidup-dan-berjuang-di-indonesia.docx

📖 Silahkan download di antara ringkasan DEFINISI KHILAFAH & DALIL KOKOH KEFARDHUAN MENEGAKKAN KHILAFAH di sini (File PDF Internet Archieve) dari www.irfanabunaveed.net | Youtube: Irfan Abu Naveed: 

1. Makalah Definisi Khilafah (Haqiqah Lughawiyyah & Syar'iyyah):

https://ia801404.us.archive.org/22/items/mendudukkan-makna-khalifah-dan-khilafah-bantahan-i-fix/Mendudukkan%20Makna%20Khalifah%20dan%20Khilafah%20[Bantahan%20I]-FIX.pdf

2. Makalah Kefardhuan Iqamat al-Khilafah [Ijma' Sahabat]:

https://ia801404.us.archive.org/22/items/mendudukkan-makna-khalifah-dan-khilafah-bantahan-i-fix/Soal%20Jawab%20Definisi%20Khalifah-Khilafah%20Secara%20Bahasa%20&%20Syari.pdf

3. Hadits Nabawi "Membantah" Syubhat Kaum Liberal: "Khilafah Hanya 30 Tahun":

https://ia601500.us.archive.org/10/items/hadits-nabawi-membantah-syubhat-kaum-liberal-khilafah-hanya-30-tahun/Hadits%20Nabawi%20Membantah%20Syubhat%20Kaum%20Liberal%20Khilafah%20Hanya%2030%20Tahun.pdf

BAGAIMANAKAH CARA MENEGAKKAN KHILAFAH?

[Berpikir Mustanir]

BAGAIMANAKAH CARA MENEGAKKAN KHILAFAH?

Oleh: Ust Choirul Anam

Menjelaskan Khilafah kepada orang yang terpesona demokrasi tentu saja sangat sulit. Mereka tetap saja menolak Khilafah dengan berbagai alasan, meskipun telah dihadirkan berbagai argumentasi, baik secara normatif, empiris maupun historis. Bagi mereka, demokrasi tetap the best, meski bukti-bukti menunjukkan sebaliknya. Democracy is the best among the worst, menurut mereka. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, dengan dakwah yang ikhlas dan istiqomah, banyak orang yang mulai sadar dari mimpi indah demokrasi dan menerima keniscayaan Khilafah sebagai sistem yang membawa keadilan, kesejahteraan dan ke-ridlo-an Allah.

Saat seseorang telah memahami wajibnya Khilafah, biasanya masih terdapat problem yang tak kalah peliknya, yaitu tentang metode menegakkan Khilafah. Hal ini sangat dimaklumi. Sebab, saat ini, kita hidup dalam negara bangsa (nation state) selama berpuluh-puluh tahun, sehingga sangat sulit menggambarkan metode perubahan menuju ke Khilafah, sebuah negara yang menembus batas-batas nation. Terlebih lagi, metode menegakkan Khilafah memang tidak ditemukan dalam kitab-kitab ulama. Hal ini, barangkali para ulama tidak menduga bahwa Khilafah akan runtuh sehingga memerlukan pembahasan metode tertentu untuk menegakkannya. Para ulama terdahulu hanya membahas wajibnya Khilafah, strukturnya, dan teknis operasionalnya, namun mereka sama sekali tidak pernah membahas metode menegakkannya. Oleh karena itu, menurut sebagian aktivis dakwah, tidak ada tuntunan yang jelas dalam Islam tentang masalah ini. Akibatnya mereka mencoba mengkreasi metode sendiri sesuai dengan logika masing-masing.

Hingga saat ini, paling tidak telah dirumuskan beberapa metode untuk penerapan syariah dan penegakan Khilafah, yang secara logika memang sangat memungkinkan. Diantara: pertama, metode demokratis, yaitu dengan masuk ke dalam sistem demokrasi yang ada, kedua metode jihad, dan yang ketiga metode dakwah siyasiyah (dakwah politis non parlemen).

Tulisan ringkas ini akan membahas beberapa metode di atas, mulai dari logika yang digunakan, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing metode. Tulisan ini juga akan membahas benarkah Islam tidak mengajarkan metode tertentu tentang metode penegakan Khilafah ini sehingga kita boleh berkreasi sesuai dengan logika kita masing-masing?.

***
Metode pertama untuk menegakkan syariah dan Khilafah adalah metode demokrasi. Metode ini menganggap bahwa demokrasi hanyalah saranan untuk mencapai tujuan-tujuan politik tertentu, diantaranya untuk menerapkan syariah dan menegakkan Khilafah. Metode ini juga sering dinamakan metode evolusi, karena perubahan yang diharapkan terjadi secara gradual (pelan-pelan) dalam sistem demokrasi yang ada. Metode ini juga dianggap sebagai metode yang konstitusional dalam perjuangan Islam.

Logika metode ini adalah sebagai berikut: perubahan apapun dan di manapun tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa dan sembarangan, apalagi perubahan menuju tegaknya syariah dan Khilafah. Perubahan ini membutuhkan proses dan proses ini harus berjalan secara alamiah dan konstitusional. Karena itu, metode paling rasional adalah dengan memasuki sistem politik yang eksis saat itu. Pada kondisi sekarang, sistem yang eksis itu adalah demokrasi. Artinya, perubahan politik apapun harus mengikuti sistem demokrasi ini.

Proses perjuangan dalam metode demokrasi adalah sebagai berikut: Pertama para tokoh umat yang menginginkan tegaknya syariah dan Khilafah harus membuat partai politik (parpol) Islam yang legal sesuai dengan aturan main demokrasi. Selanjutnya parpol Islam ini harus bertarung secara fair dalam pesta demokrasi (pemilu) dengan parpol-parpol yang ada. Dari pertarungan ini diharapkan parpol Islam dapat memenangkan pemilu dan meraup dukungan umat yang besar. Tentu diharapkan dukungan masyarakat (kursi) lebih dari 50% suara, sebab aturan dalam demokrasi, segala macam keputusan dan hukum diambil dengan musyawarah mufakat atau voting yang pemenangnya jika suara melebihi 50%. Oleh karena itu, menurut mereka, perjuangan ini merupakan perjuangan antara hidup dan mati.

Dengan masuknya para tokoh Islam ke legislatif diharapkan akan dapat memasukkan nilai-nilai Islam dalam setiap hukum atau konstitusi yang dibuat. Atau istilah sederhananya, mewarnai hukum-hukum legislatif dengan Islam, yaitu yang berasal dari al qur’an dan sunnah. Kemudian secara bertahap, akan semakin banyak hukum yang diwarnai dengan nilai-nilai Islam, sehingga diharapkan sampai pada suatu titik dimana semua hukum terwarnai dengan hukum Islam.

Dengan perjuangan metode demokrasi ini, para tokoh Islam tidak hanya duduk dalam kursi legislatif, tetapi memungkinkan mereka untuk duduk dalam kursi eksekutif, yang akan mengeksekusi hukum dan undang-undang yang sudah bernafaskan Islam tersebut. Dengan demikian syariah dan substansi Khilafah sudah tegak di suatu negeri. Pada saat itu, Islam sudah kaffah.

Benarkah syariah dapat diterapkan dan Khilafah dapat tegak dengan metode ini? Harus diakui metode ini merupakan metode yang sangat logis, sangat masuk akal. Dengan metode ini, memungkinkan undang-undang diwarnai dengan nilai Islam.

Namun, jika dicermati secara mendalam, metode ini hanya memungkinkan berhasilnya mewarnai hukum atau konstitusi dengan Islam. Metode ini tampaknya sulit sekali untuk menghasilkan undang-undang Islam. Metode ini hanya mengijinkan alqur’an dan hadits mewarnai, tetapi tidak mengijinkan menjadi sumber hukum. Mengapa demikian? Karena rule of game dalam demokrasi memang demikian. Kedaulatan tertinggi ada pada rakyat, bukan pada Allah. Sehingga al qur’an tidak boleh menjadi sumber hukum, tetapi sumber hukum itu adalah suara rakyat. Al qur’an boleh mewarnai hukum dan konstitusi selama diijinkan oleh sumber hukum yang sebenarnya, yaitu suara rakyat. Ini dari aspek hukum dan undang-undang.

Sementara, dari aspek tegaknya Khilafah, secara logika, metode ini tidak akan pernah bisa menghadirkan Khilafah dalam arti yang sebenarnya. Sejak awal metode ini bermain dalam wilayah nation (nasionalisme), sementara Khilafah sendiri sejak awal menembus batas-batas nation (nasionalisme). Ibaratnya menjahit baju untuk gajah dewasa dengan ukuran anak bayi (manusia). Bisa nggak baju bayi (manusia) tadi untuk dipakai gajah dewasa? Bisa, dengan syarat. Syaratnya baju tadi dibongkar lagi, lalu ditambahkan kain lain dan dijahit lagi. Iya, syaratnya baju tadi dibongkar lagi. Artinya, metode demokratis memang sejak awal tidak didesain untuk perubahan sistem demokrasi, termasuk tegaknya Khilafah. Sehingga untuk mengubahnya menjadi Khilafah, sistem demokrasi perlu dibongkar lagi. Itu dari sisi ukuran, dari sisi bentuk dan aspek lainnya pasti sangat berbeda.

Penjelasan di atas, diasumsikan bahwa para pejuang Islam dan Khilafah dalam sistem demokrasi benar-benar istiqomah dalam perjuangannya. Artinya mereka menjadikan demokrasi sebagai alat, bukan menjadi “penikmat” demokrasi. Namun, keistiqomahan dalam sistem demokrasi tampaknya menjadi “barang mewah”. Sebab, rule of game dalam demokrasi, memang memaksa setiap pemain di dalamnya untuk berprilaku pragmatis, culas dan manipulatif. Sebab, hanya dengan cara itu game di dalamnya dapat dimenangkan. Sangat tidak mengherankan jika ada parpol Islam, tetapi korupsi dan tidak konsisten dengan janjinya saat kampanye. Memang begitulah watak dalam demokrasi. Sungguh sangat tidak mengherankan saat seorang politisi partai dakwah ditanya “mengapa tidak mengkapanyekan syariah?”, ia menjawab dengan kalem bahwa “Syariah tidak laku dijual. Yang laku dijual adalah tentang keadilan, kesejahteraan, kemakmuran dan lain-lain”. Begitulah rule of game dalam demokrasi...

***
Metode kedua untuk menegakkan Khilafah adalah metode jihad. Metode jihad ini diambil dari banyak ayat alqur’an dan hadits Nabi. Rasul mengatakan bahwa jihad adalah puncak ajaran Islam. Rasul sendiri saat di Madinah melaksanakan jihad lebih dari 70 kali, sebagian di pimpin sendiri oleh beliau, sebagian lagi Rasulullah menunjuk sahabatnya untuk menjadi panglima dalam suatu jihad, sementara Rasulullah tetap berada di Madinah.

Jika kita mencermati dengan seksama, jihad yang sedemikian banyak dilakukan oleh Rasulullah, itu hanya terjadi saat Rasulullah sudah tinggal di Madinah. Apa arti semua ini? Jika Madinah adalah Daulah Islam, sementara jihad dilaksanakan saat di Madinah, apakah dapat diterima dengan akal sehat bahwa Daulah Madinah ditegakkan dengan jihad?

Pembahasan ini sama sekali tidak hendak menghina jihad atau mengendorkan semangat jihad. Sungguh itu adalah perbuatan setan. Jihad adalah ajaran Islam yang sangat agung. Ia adalah puncak dari semua puncak ajaran Islam. Namun, kita juga harus mendudukkan secara proporsional sesuai dengan tempatnya. Hal ini sama dengan sholat. Sholat adalah rukun Islam yang nilainya sangat tinggi di dalam Islam. Cukuplah orang dikatakan sebagai gembong kesesatan, jika ia menghina sholat. Namun demikian, dapatkan sholat dijadikan sebagai metode menegakkan Khilafah? Itu merupakan sesuatu yang tidak proporsional. Apa, bagaimana dan fungsi jihad, insya Allah akan dibahas di lain kesempatan.

Kita kembali ke metode jihad. Sebagai sebuah metode, jihad memang sangat mungkin untuk mengantarkan tegaknya syariah dan Khilafah. Logikanya seperti ini: Negara di manapun di dunia ini terdapat pemerintahan yang menjalankan semua kebijakan terhadap warga negaranya. Negara juga memiliki berbagai pilar untuk menopang agar pemerintahan di negara tersebut tetap berlangsung. Pilar utama untuk pertahanan negara adalah militer negera tersebut. Oleh karena itu, jika militer suatu negara dapat dilumpuhkan, maka akan dengan mudah bagi pihak yang melumpuhkan tadi untuk mengambil alih kendali pemerintahan dan mengatur pemerintahan sesuai dengan yang diinginkan. Seandainya para pengambil kekuasaan tadi menginginkan Khilafah, maka pasti akan tegak Khilafah di tempat tersebut.

Tentu saja, cara paling masuk akal untuk melumpuhkan militer adalah dengan tindakan militer yang sepadan. Militer hanya bisa dihadapi dengan militer. Nah, aktivitas militer oleh suatu gerakan inilah yang dinamakan dengan metode jihad. Jadi, Khilafah akan tegak dengan jihad.

Menurut logika ini, kendali pemerintahan tidak akan pernah diberikan dengan cuma-cuma. Pemerintahan hanya bisa direbut dengan jihad. Oleh karena itu, menurut logika ini, perjuangan penegakan Khilafah tanpa jihad adalah aktivitas kemunafikan yang tak layak diperhitungkan.

Jadi, secara logika memang jihad sangat mungkin mengantarkan pada tegaknya Khilafah.

Namun, tentu saja metode ini juga memiliki kekurangan, diantaranya: metode ini mengantarkan kekuasaan dengan paksaan dan perebutan. Sementara rakyat bisa jadi tidak setuju. Khilafah metode ini sangat rentan. Sebab, begitu ada kesempatan untuk menggulingkan, rakyat akan menggulingkan kembali pemerintahan model ini.

Satu-satunya cara yang dapat digunakan untuk menghindari ini adalah dengan memaksa rakyat dan menindas mereka. Mereka dipaksa tunduk dan dikekang, sehingga tidak memungkin bagi rakyat untuk menggalang kekuatan guna menggulingkan Khilafah model ini. Khilafah seperti akan mengisi hari-harinya dengan kekerasan kepada rakyatnya sendiri, apalagi kepada pihak lain. Tentu saja, Khilafah ini lebih mirip penjara besar. Semua hal dilakukan dengan paksaan dan intimidasi. Memang bisa jadi, Khilafah akan mengedukasi masyarakat sehingga masyarakat paham dan mendukung mereka.

Apakah Khilafah yang dipenuhi dengan paksaan dan intimidasi ini merupakan Khilafah ala minhaj an nubuwwah, dimana rakyat merasa aman dan bahagia hidup di dalamnya?

***
Sebelum membahas metode penegakan Khilafah, kita akan membahas dahulu, benarkah Islam tidak mengajarkan penegakan Khilafah?

Khilafah adalah Daulah Islam, yang pertama kali berdiri di Madinah oleh Rasulullah, kemudian diteruskan oleh para Sahabat dan runtuh pada tahun 1924 M. Khilafah diperjuangkan oleh Rasulullah dan Sahabatnya, bukan turun dari langit seperti dalam film Aladin.

Artinya apa? Artinya Khilafah itu adalah hasil dari perjuangan Rasulullah, sementara perjuangan Rasulullah adalah teladan bagi umatnya. Tentu saja, Rasulullah dalam mendirikan Daulah Madinah memiliki metode tertentu sebagaimana diajarkan oleh Rabbnya, Allah. Nah, metode yang ditempuh Rasulullah, inilah sebetulnya merupakan metode Islam dalam menegakkan Khilafah. Lebih tegas lagi, Islam sebenarnya mengajarkan metode penegakan Khilafah, yaitu mengikuti metode yang ditempuh oleh Rasulullah. Metode penegakan Khilafah, bukan semata-mata karena logis, tetapi metode ini adalah bagian dari ajaran Islam yang agung.

Siapa saja yang meneliti dakwah Rasulullah dengan cermat, akan menemukan bahwa Rasulullah berjuang untuk menegakkan Khilafah justru saat di Makkah dan akhirnya berhasil di Madinah. Sebab, saat Rasul di Madinah, Daulah Islam sudah tegak, tidak perlu ditegakkan lagi. Dari Madinah inilah kemudian Daulah islam menyebar ke seluruh penjuru Arab, lalu menyebar ke seluruh dunia. Ingat, disebarkan ke seluruh dunia, bukan didirikan di seluruh dunia.

Siapa saja yang meneliti dakwah Rasulullah saat di Makkah, akan menemukan bahwa Rasulullah tidak pernah menggunakan metode jihad. Bahkan, saat terjadi Baiat oleh tokoh Madinah di Mina, lalu mereka menawarkan untuk memerangi masyarakat Mina, Rasulullah menolaknya. Rasulullah memerintahkan mereka untuk segera kembali ke Madinah, dan menunggu suatu saat, jihad akan dilaksanakan pada waktunya. Ini menjelaskan dengan sangat gamblang bahwa metode penegakan Khilafah bukanlah jihad, meskipun secara logika jihad dapat mengantarkan pada tegaknya Khilafah.

Metode menegakkan Khilafah juga bukan dengan memasuki sistem kekuasaan yang sedang eksis, baik pada level eksekutif atau legislatif. Siapa saja yang membaca dengan teliti sirah Rasulullah, akan menemukan bahwa Rasulullah justru menolak metode seperti itu. Bahkan Rasulullah pernah ditawari oleh tokoh-tokoh Makkah yang tergabung dalam Darun Nadwah, yang saat itu diwakili oleh Utbah bin Rabi’ah. Mereka menawarkan jabatan raja, uang, dan fasilitas lainnya. Tentu saja, jika kita menggunakan logika “lebih bermanfaat dalam dakwah”, Rasulullah harusnya menerima tawaran ini. Ibaratnya Rasulullah sudah didukung oleh 99% suara, tetapi tentu dengan syarat, yaitu Rasulullah tidak boleh mengubah rule of game yang berlaku di Makkah saat itu. Rasulullah menolak dengan keras permainan ini dan konsisten dengan metode yang diajarkan oleh Allah SWT.

Lalu, apa yang dilakukan oleh Rasulullah untuk mendakwahkan Islam dan di dalamnya menegakkan Daulah Islam?

Yang dilakukan Rasulullah adalah dakwah murni. Maksudnya Rasulullah menyampaikan dakwah apa adanya. Islam disampaikan sebagai diin, sebagai aturan kehidupan yang komprehensif yang mengatur seluruh aspek kehidupan, baik dalam hubungan manusia dengan tuhannya, manusia dengan dirinya, dan manusia dengan sesamanya, termasuk dalam interaksi sosial dalam skala besar, yang saat ini disebut Daulah atau Negara.

Itu disampaikan apa adanya kepada seluruh masyarakat. Lalu akhirnya satu demi satu, masyarakat menerima dakwah Rasulullah. Orang-orang yang menerima itu kemudian diorganisir dalam organisasi yang sangat rapi. Masing-masing Shahabat diberi tugas dakwah sesuai dengan kemampuan dan latar belakangnya. Bilal diminta dakwah di kalangan budak. Ali di kalangan remaja. Abu Bakar di kalangan pedagang, dan seterusnya. Dari sana, opini Islam tersebar luas dan tentu saja terjadi penentangan dakwah yang luar biasa hebatnya dari tokoh-tokoh Makkah.

Dalam situasi itu, kemudian Allah memerintahkan Rasulullah untuk mendakwahi kalangan tokoh-tokoh di Jazirah Arab, yaitu pada musim haji. Tahapan ini dinamakan dengan thalab an nushrah. Diantaranya adalah tokoh dari Bani Kalb, dari Bani Kindah, dari Bani Hanifah dan lain-lain. Semuanya berakhir dengan gagal. Rasulullah ditolak dengan mentah-mentah.

Namun demikian ada beberapa kabilah yang hampir saja berhasil, diantaranya adalah Kabilah Bakar bin Wa’il. Namun, Daulah tidak bisa didirikan di sana, sebab Kabilah Bakar bin Wail bertetangga dengan Persia. Jika daulah berdiri di sana, akan segera hancur diserang oleh Persia. Kabilah lain yang hampir mau negaranya menjadi Daulah Islam adalah Bani Amir bin Sho’shoah. Hanya saja mereka meminta agar sepeninggalnya Rasulullah (setelah wafatnya Rasulullah), kekuasaan menjadi milik anak cucu Bani Amir. Rasulullah menolak dengan keras permintaan Bani Amir ini.

Sampai akhirnya, pertolongan itu datang dari Suku Khazraj, dari Yatsrib. Mereka menerima Islam dan siap negerinya dijadikan sebagai Daulah Islam. Setelah disiapkan sekitar dua tahun dan masyarakatnya siap, Rasulullah hijarha ke Yatsrib dan menjadi pemimpin di sana. Saat itu namanya diubah menjadi Madinah.

Perlu dicatat di sini bahwa kekuasaan diberikan kepada Rasulullah tanpa kompensasi, kecuali dijanjikan surga kepada mereka. Oleh karena itu, pernyataan beberapa aktivis Islam, bahwa pemerintahan harus direbut dengan senjata, itu murni logika. Fakta di lapangan terkadang tidak seperti itu. Ini pula yang terjadi pada Rasulullah.

***
Metode ketiga dalam menegakkan Khilafah adalah metode Rasulullah. Inilah meode syar’i yang diajarkan oleh Islam.

Memang tidak ada nama khusus untuk metode ini. Untuk sekedar identifikasi, jamaah dakwah yang mencoba meniru Nabi dalam menegakkan Daulah Islam itu menamakan sebagai metode dakwah fikriyah dan siyasiyah (dakwah pemikiran dan politis non parlemen). Salah satu jamaah dakwah yang mengadopsi metode ini adalah Hizbut Tahrir (HT).

Kata kunci dalam metode ini adalah dukungan masyarakat dan tokoh-tokoh, terutama ahlul quwwah (sekarang militer). Dengan dukungan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat, negara akan berubah secara revolusioner secara damai. Tanpa pertumpahan darah dan rebutan kekuasaan model demokrasi.

Adakah kelemahan metode ini? Sebenarnya bukan kelemahan, tetapi metode ini memang sangat berat, dibutuhkan kesabaran yang super-super-super extra. Sebab, metode ini mengajak perang pemikiran secara terbuka sejak awal. Metode ini juga sangat sulit dipahami. Betapa sulitnya menjelaskan kepada masyarakat, menegakkan Khilafah tetapi tidak masuk parlemen dan tidak dengan jihad. Gerakan seperti ini akan disebut sebagai OMDO atau bermulut besar oleh sebagian besar masyarakat, pada awalnya.

Apakah Khilafah bisa tegak dengan metode ini? Tentu saja sangat mungkin. Rasulullah juga berhasil dengan metode ini. Mungkin para Jendral mendukung Khilafah dan memberikan kekuasaan pada Khilafah? Tentu saja mungkin, setelah mereka yakin dan melihat bukti tak terbantahkan.

Apakah metode ini berarti harus sering demonstrasi dan seminar atau konferensi? Tentu saja tidak. Demonstrasi, seminar, konferensi dan lain-lain hanyalah salah satu sarana untuk menjelaskan pemikiran kepada masyarakat. Tentu saja, ada ribuan sarana lain yang bisa ditempuh untuk menjelaskan gagasan kepada umat.

Kata kunci dalam metode ini adalah mendapat dukungan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat, terutama jajaran militer. Jika kondisi ini terpenuhi maka Khilafah akan tegak di suatu negeri dengan izin Allah. Dari sana kemudian, Khilafah disebarluaskan ke seluruh dunia, insya Allah.

Tentu saja ada banyak aktivis dakwah yang menentang metode ini, mereka mengatakan “Itu kan Rasulullah. Untuk Rasulullah wajar berhasil dengan metode itu. Sebab beliau dibimbing wahyu.” Terhadap argumentasi itu, kita patut bertanya pada diri kita: “Jika tidak Rasulullah, lalu siapa yang kita ikuti? Jika Rasulullah dibimbing wahyu, berarti mengikuti jalannya juga dibimbing oleh wahyu. Dan sebaliknya, mengikuti jalan selainnya berarti tidak dibimbing wahyu. Bukankah demikian?”.

Wallahu a’lam.

Zakat perdagangan

*Fikih Zakat Perdagangan Dan Zakat Mal/Uang*

*ZAKAT PERDAGANGAN:*

Diantara harta yang harus dizakati adalah harta perdagangan, maka dalam tulisan ini kami akan paparkan beberapa hukum seputar zakat perdagangan.

Ada beberapa pembahasan yaitu:

A. Definisi

Barang dagangan atau ‘urudhut tijarah adalah sesuatu yang disiapkan oleh seorang muslim untuk diperdagangkan dari jenis apapun selain emas dan perak untuk mencari keuntungan

B. Syarat Zakat Perdagangan

Ada beberapa syaratnya yaitu:

1. Proses kepemilikan harus dengan jalan perbuatannya sendiri dengan cara yang mubah misalnya jual beli, sewa menyewa, atau menerima hadiah. Warisan tidak masuk kategori karena prosesnya tanpa usahanya.

2. Barang tersebut bukan termasuk harta yang pada asalnya wajib dizakati, seperti hewan ternak, emas dan perak.

3. Nilainya mencapai nishab

4. Barang tersebut sejak awal dibeli memang diniatkan untuk diperdagangkan.

5. Mencapai haul (melalui masa tahun hijriah) sejak mencapai nishab.

C. Nishab dan Zakatnya

Harta perdagangan diperkirakan nilainya dengan menggunakan standar emas atau perak sesuai kemaslahatan fakir miskin penduduk setempat, jika tempat tinggalnya lebih dominan orang fakir miskin maka ulama menyarankan menggunakan standar perak.

Bila nilai harta perdagangan sudah mencapai nishab (yaitu dengan nishab emas 85 gram atau perak 595 gram) maka wajib mengeluarkan zakat sebesar 2,5% atau 1/40.

Perhitungannya adalah:

Zakat=nilai barang+uang yang ada+piutang yang diharapkan dibayar-utang jatuh tempo

Keterangan:

-Zakat:perhitungan zakat barang dagangan

-Nilai barang dagangan: nilai barang dagangan (dengan harga saat jatuh tempo bukan harga saat beli)

-Uang yang ada: uang dagangan yang ada

-Piutang yang diharapkan: piutang atau harta kita di orang lain dan diharapkan pelunasannya

-Utang jatuh tempo: utang yang harus dibayar ditahun ia mengeluarkan zakat bukan seluruh utang pedagang

Contoh perhitungannya:

1. Seorang pedagang menilai barang dagangan di akhir haul dengan jumlah total Rp. 100.000.000, dan uang tunai (laba bersih) sebesar Rp. 25.000.000. Sementara ia memiliki hutang sebesar 50.000.000 dan juga memiliki piutang (harta di orang lain) sebesar 10.000.000

Maka modal (barang dagangan dengan nilai saat haul) dikurangi hutang: Rp. 100.000.000-Rp. 50.000.000=Rp. 50.000.000

Jumlah harta zakat: modal barang setelah dipotong hutang 50.000.000+piutang 10.000.000+uang yang ada 25.000.0000=85.000.000

Zakat yang harus dikeluarkan adalah Rp. 85.000.000×2,5%=2. 125.000

2. Pak Muhammad mulai membuka toko dengan modal 100.000.000 pada bulan muharram 1432 H. Pada bulan Muharram 1433 H perincian zakat barang dagangan pak Muhammad adalah sebagai berikut:

-Nilai barang dagangan=40.000.000

-Uang yang ada=10.000.000

-Piutang=10.000.000

-Utang= 20.000.000 (yang jatuh tempo tahun 1433)

Zakat= (40.000.000+10.000.000+10.000.000)-utang 20.000.000×2,5%

Yaitu 40.000.000×2,5%= 1.000.000

ZAKAT MAL/UANG:

Uang wajib dizakati karena berfungsi sebagai alat-tukar menukar seperti emas dan perak.

Nishab uang mengikuti nishab emas (85 gram) atau perak (595 gram) disesuaikan kondisi masyarakat, jika penduduk lebih dominan yang miskin maka ulama menyarankan memakai nishab perak.

Jika seseorang memiliki uang (rupiah maupun mata uang negara lain) yang mencapai nishab (emas atau perak) dan setelah mencapai nishab berlalu satu tahun (haul) maka wajib mengeluarkan zakat 2,5% atau 1/40.

Misal: Emas saat masuk haul harganya 500.000 maka nishab emas 85 gram x 500.000=42.500.000 dan zakatnya adalah 42.500.000×2,5%=1.062.500

Jika harga perak masuk haul 5.000 maka nishab perak 595 gram x 5.000=2.975.000 dan zakatnya adalah 2.975.000×2,5%=74.375

Semoga Bermanfaat. Wallahu A’lam

Referensi:

1. Shahih Fikih Sunnah karya Syaikh Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim

2. Fikih Muyassar oleh kumpulan ulama Saudi Arabia

3. Zakat dan cara praktis menghitungnya karya Abu Muhammad Ibnu Shalih bin Hasbullah

4. Panduan mudah tentang zakat karya Muhammad Abduh Tausikal

Oleh: Abul Fata Miftah Murod, Lc

Inilahfikih.com

Thursday, April 9, 2020

30 Orang pertama

#monggoshare

Siapa Org pertama menemukan telepon ? Jawab nya :
Alexander Graham Bell ..
Nah...kalau org pertama tulis
bismillah siapa ?
??????????

Bingung kan?

Kasihan kalau anak- anak kita tanya kepada Ibu/Bapak...

bisa jawab enggak ?

simpan catatan ini ya.
Mari kita kenali Islam !
30 ORANG YANG
PERTAMA DALAM ISLAM
-----------------
1. Orang yang pertama menulis
Bismillah :
*Nabi Sulaiman AS.*

2. Orang yang pertama minum air
zamzam :
*Nabi Ismail AS.*

3. Orang yang pertama berkhitan :
*Nabi Ibrahim AS*

4. Orang yang pertama diberikan
pakaian pada hari qiamat :
*Nabi Ibrahim AS.*

5. Orang yang pertama dipanggil
oleh Allah pada hari qiamat :
*Nabi Adam AS.*

6. Orang yang pertama mengerjakan sa'i antara Safa & Marwah :
*Sayyidatina Hajar*

7. Orang yang pertama dibangkitkan pada hari qiamat :
*Nabi Muhammad SAW.*

8. Orang yang pertama menjadi
Khalifah Islam :
*Abu Bakar As Siddiq RA.*

9. Orang yang pertama
menggunakan Kalender Hijriyyah :
*Umar bin Al-Khattab*

10. Orang yang pertama
meletakkan Jabatan khalifah
dalam Islam :
*Hasan bin Ali RA.*

11. Orang yang pertama
menyusukan Nabi Muhammad
SAW :
*Thuwaibah RA.*

12. Orang yang pertama syahid
dalam Islam dari kalangan lelaki :
*Haris bin Abi Halah*

13. Orang yang pertama syahid
dalam Islam dari kalangan wanita :
*Sumayyah binti Khabbat*

14. Orang yang pertama menulis
hadis di dalam kitab / lembaran :
*Abdullah bin Amru bin Al-Ash*

15. Orang yang pertama memanah
dalam perjuangan fisabilillah :
*Saad bin Abi Waqqas*

16. Orang yang pertama menjadi
muazzin dan menyerukan adzan: *Bilal bin Rabah*

17. Khulafaur rasyidin yang pertama shalat dengan Rasulullah SAW :
*Ali bin Abi Tholib*

18. Orang yang pertama membuat
mimbar masjid Nabi SAW :
*Tamim Ad-dary*

19. Orang yang pertama menghunus pedang dalam
perjuangan fisabilillah :
*Zubair bin Al-Awwam*

20. Orang yang pertama menulis
sejarah Nabi Muhammad SAW :

Urwah ibn Zubair (wafat 92 H), kemudian disusul oleh Abban ibn Ustman (wafat 105 H), Wahb ibn Munabbih (wafat 110 H), Syarhabil ibn Sa’d (wafat 123 H), dan Ibnu Syihab Az-Zuhri (wafat 124 H).

21. Orang yang pertama beriman
dengan Nabi SAW :
*Khadijah bt Khuwailid.*

22. Orang yang pertama menggagas usul fiqh :
*Imam Syafi'i RH.*

23. Orang yang pertama membina
penjara dalam Islam:
*Ali bin Abi Tholib*

24. Orang yang pertama menjadi
raja dalam Islam :
*Muawiyah bin Abi Sufyan*

25. Orang yang pertama membuat
perpustakaan umum:
*Harun Ar-Rasyid*

26. Orang yang pertama
mengadakan baitulmal :
*Umar bin Khattab*

27. Orang yang pertama
menghafal Al-Qur'an setelah
Rasulullah SAW :
*Ali bin Abi Tholib*

28. Orang yang pertama membangun menara di Masjidil
Haram Mekah:
*Khalifah Abu Ja'far Al-Mansur*

29. Orang yang pertama digelar
Al-Muqry :
*Mus'ab bin Umair*

30. Orang yang pertama masuk
 ke dalam syurga :
*Nabi Muhammad SAW*.             




Wednesday, March 11, 2020

Gelar khalifatull di mataram islam

*GELAR KHALIFATULLAH DI MATARAM ISLAM*



*RADEN PATAH*
Cikal bakal gelar ‘Khalifatullah’ disandang pertama kali oleh pendiri Kesultanan Demak, Raden Patah. Tahun 1479 M, Kekhalifahan Turki Utsmani menganugerahi gelar ‘Khalifatullah ing Tanah Jawa’ kepada Raden Patah untuk melegitimasi kedudukannya sebagai wakil Kekhalifahan Islam di Jawa

*DANANG SUTAWJAYA*
Pasca runtuhnya Demak oleh Kesultanan pajang (1549 M), Danang Sutawijaya mendirikan Kesultanan Mataram Islam (1587 M) sepeninggal Raja Pajang, Hadiwijaya (Jaka Tingkir). Sebagai penerus Demak, Sutawijaya menegaskan kembali gelar ini. Gelar lengkapnya: ‘Panembahan Senapati ing Alaga Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawa’ 

*DIPONEGORO*
Melihat nilai-nilai Islam hancur di Pemerintahan Mataram akibat intervensi Kolonialis, putra Hamengkubuwono III, Pangeran Diponegoro, mengobarkan Perang Jawa (1825 - 1830 M). Perang dimaksudkan untuk mengusir kependudukan Kolonialis dari Jawa, untuk kemudian mereformasi total Kekuasaan Mataram menjadi ‘Balad Islam Tanah Jawa’; pemerintahan berdasarkan syariat Islam di Jawa. Sebagai pemimpin revolusi, ia mengambil gelar ‘Khalifatu Rasulillah’ sebagai pengganti ‘Khalifatullah’ dalam tradisi keraton. Gelar lengkapnya: ‘Sultan Ngabdulkamid Erucakra Kabirul Mukminin Khalifatu Rasulillah Hamengkubuwono Senapati ing Alaga Sabilullah ing Tanah Jawi’

*HAMENGKUBUWONO X*
Pasca pecahnya Mataram Islam menjadi Kasultanan Ngayogyakarta dan Kasunanan Surakarta pada perjanjian Giyanti (1755 M), gelar ‘Khalifatullah’ masih tetap dipertahankan secara turun-temurun oleh Keraton Jogja hingga masa sekarang (2019). Hamengkubuwono X, Sultan Jogja saat ini bergelar: ‘Kanjeng Sultan Hamengkubuwana Senapati ing Alaga Ngabdurrahman Sayidin Panatagama Khalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Sedasa ing Ngayogyakarta Hadiningrat’

Monday, February 3, 2020

Seruan sejarah

*SERUAN SEJARAH*

Salah seorang pemikir Islam terkenal di abad ini Dr. Muhammad 'Amaroh berkata :  " Di salah satu majlis, seorang sekuler di antara yang diundang menengok kepada saya dengan nada mengejek berkata : Nampaknya saya memahami dari tulisan-tulisan anda bahwa anda ingin menerapkan hukum syare'at Islam dan mengajak kita kembali ke belakang ( kemunduran ) ? Maka saya manjawab sambil bertanya : Apakah yg anda maksud dengan kembali ke belakang itu sekitar 100 tahun yang silam ketika Sultan Abdul Hamid 2 memerintah separuh dari permukaan bumi ? atau ketika raja-raja Eropa memerintah bangsa mereka di bawah perintah Kesultanan Turki Utsmani ?

Atau maksud anda ke belakang itu sebagian besar pemerintahan Mamalik yang menyelamatkan dunia dari pasukan Mongolia dan Tartar ? Atau sebagian besar pemerintahan di zaman Bani Abasiyah yang menguasai separuh bumi atau pemerintahan Bani Umayyah ? atau yang sebelumnya yaitu pemerintahan Umar bin Al Khottob yang menguasai sebagian besar bumi ? atau yang anda maksud pada zaman Harun Al Rasyid yang mengirim surat ke raja Romawi Naqfur yang berbunyi : Dari Harun Al Rasyid Amirul Mukminin kepada Naqfur anjing Romawi..? atau zaman Abdurrahman Al Dakhil yang mengirim pasukannya bergerak menuju Italia dan Perancis ?

👆Ini politik atau maksud anda murni ilmiyah....?👇

Ketika ilmuan-ilmuan muslim seperti Ibnu Sina, Al Farobi, Ibnu Jabir, Al Khowarizmi, Ibnu Rusydi, Ibnu Kholdoun dan lain-lain dimana dunia Arab dan Eropa  mengakui dari merekalah mengetahui ilmu kedokteran, arsitektur, astronomi dan sastra arab ?

Atau yang anda maksud menjaga kehormatan ... tatkala seorang Yahudi kafir melecehkan seorang wanita muslimah dengan mempermainkan jubahnya lalu berteriak : toloooong , maka Kholifah Al Mu'tashim mengirim pasukan dan mengusir Yahudi itu dari wilayah negri , sementara hari ini para wanita muslimah terampas kehornatan mereka tapi para penguasa merasa bahagia ?!

Atau yang anda maksud  ketika ummat Islam mendirikan Universitas Pertama yang   sangat dikenal oleh bangsa Eropa dan Spanyol ? Dan di waktu itu pula jubah arab menjadi seragam wisuda di setiap universitas di seluruh dunia, dan sampai hari ini, topi wisuda bersinar karena Al-Quran diletakkan di atasnya pada upacara wisuda !

Atau yang anda maksud , ketika Kairo menjadi kota terindah di dunia ? Atau ketika Dinar Irak bernilai 483 Dolar ? Atau  ketika para pelarian dari Eropa yang dilanda kemiskinan berbondong-bondong menuju ke Iskandariyah ? Atau ketika Amerika meminta kepada Mesir agar menyelamatkan Eropa dari kelaparan ?

Saya menunggu anda untuk menjelaskan  kepada saya maksud anda dan beritahu saya apa yang anda inginkan dari mundur ke belakang itu ?

Sungguh merupakan jawaban jitu/mematahkan terhadap orang yang berusaha meragukan keagungan Sejarah Kemajuan Islam !

Dinukil dari Dr. Mahmud Al Warroq
Ucapan terima kasih buat Ustadzah Hamidah Al Dardury

Alih Bahasa : Maksudi Nawawi, Lc